Langsung ke konten utama

Cara Pembuatan Pitch Deck yang Mampu Menarik Banyak Client

Pitch deck merupakan sebuah presentasi singkat yang menjelaskan gambaran umum mengenai rencana bisnis. Pitch deck biasanya dibuat menggunakan berbagai macam tools umum seperti PowerPoint, KeyNot, atau Prezi. Buku pitch atau pitch deck juga disebut Memorandum Informasi Rahasia yang merupakan presentasi pemasaran yang digunakan oleh bank investasi, pengusaha, firma keuangan perusahaan, broker bisnis, dan perantara M&A lainnya yang memberikan nasihat tentang penjualan. pelepasan saham, ataupun aset bisnis.

Pada pembuatan pitch deck, perlu menampilkan beberapa elemen sebagai berikut :

  • Latar Belakang Masalah
  • Solusi yang ditawarkan
  • Produk atau Layanan Perusahaan
  • Kondisi dan Potensi Pasar
  • Rencana Bisnis
  • Poin Unik yang Membedakan dengan Perusahaan Lain
  • Kompetitor
  • Rencana Pemasaran
  • Perkenalan Tim
  • Pencapaian Bisnis

Pitch Deck harus dibuat secara singkat, jelas, dan menarik, karena pitch deck tersebut yang akan menentukan progress bisnis kedepannya. Cara membuat picth deck yang baik yaitu :

1. Buat Pitch Deck dengan 10-12 slide presentasi

Tunjukan secara jelas dan tidak terlalu panjang agar klien tidak menjadi bosan dan tidak tertarik.

2. Cantumkan nama founder dan tim

Tunjukan siapa saja orang-orang yang terlibat dalam bisnis serta jelaskan posisi anggota tim.

3. Berikan gambaran contoh produk

Tampilkan produk yang ditawarkan dengan semenarik mungkin, bagaimana cara kerjanya, dan berikan beberapa contohnya.

4. Beri informasi potensi pasar

Jelaskan bagaimana potensi pasar yang tersedia untuk produk yang ditawarkan.

5. Jelaskan tentang pesaing bisnis

Jelaskan siapa saja pesaing pada bisnis dan apa kelebihan bisnis yang dimiliki dibandingkan dengan pesaing.

6. Sampaikan kondisi keuangan perusahaan

Jelaskan secara ringkas mengenai arus kas perusahaan. Ditampilkan dengan grafik yang menunjukan keuntungan, total pengeluaran, penjualan, dan total pelanggan.

7. Jelaskan risiko yang mungkin terjadi

Jelaskan apa saya risiko yang bisa terjadi dan sertakan solusi jika risiko tersebut terjadi.

8. Tetapkan jumlah pendanaan yang ingin diraih

 

Kesalahan yang sering Terjadi :

1. Terlalu banyak informasi dan visual

Beri informasi yang singkat dan penting pada pitch deck. Gunaakn jenis warna yang sesuai dengan identitas perusaahan.

2. 1 pitch deck untuk banyak kebutuhan

Sesuaikan jumlah pitch deck dengan kebutuhan.

3. Terlalu membaca slide pitch deck








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Esensi Analisis Web

ESENSI ANALISIS WEB disusun oleh Nama: Carolina Indri Ditya NPM: 51418503 Kelas: 2IA01 Mata Kuliah: Pengantar Web Science # JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS GUNADARMA 2020 Ø  Esensi Analisis Web Analisis web adalah pengukuran, pengumpulan, analisis, dan pelaporan data web untuk tujuan memahami dan mengoptimalkan penggunaan web. Namun, analisis Web bukan hanya proses untuk mengukur lalu lintas web tetapi dapat digunakan sebagai alat untuk riset bisnis dan pasar, dan untuk menilai dan meningkatkan efektivitas situs web. Aplikasi analisis Web juga dapat membantu perusahaan mengukur hasil kampanye iklan cetak atau siaran tradisional. Ini membantu seseorang untuk memperkirakan bagaimana lalu lintas ke situs web berubah setelah peluncuran kampanye iklan baru. Analisis Web menyediakan informasi tentang jumlah pengunjung ke situs web dan jumlah tampilan halaman. Ini membantu mengukur tren lalu lintas d...